Daftar Hoax Menyesatkan Tentang Makanan Dan Kesehatan

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,

so don't copy others and make it yours .
show your respect*


Beberapa tahun ini, berita Hoax emang makin cukup meresahkan orang banyak. Bukan cuma Hoax soal politik nih, banyak juga Hoax yg menyebar itu berkaitan sama makanan atau kesehatan, dan ini juga amat sangat mengganggu bahkan merugikan salah satu pihak. Ambil contoh aja beberapa waktu lalu ada warung bakso di Bekasi yg tutup beberapa bulan karena sekeluargaan lagi ikut ke acara pernikahan keluarga, pas mereka sudah mulai berjualan lagi jadi sepi, ternyata mereka jadi korban Hoax yg bilang kalau warung bakso mereka ditutup paksa karena ketangkep baksonya pake daging babi. Ini beritanya: Kasihan! Jadi Korban Hoax di Medsos, Pedagang Bakso Ini Ditinggal Pelanggan.

Banyak banget Hoax serupa yg meresahkan & merugikan itu, apalagi tega bener kalo udah bikin mati rezeki orang. Dan penyebaran Hoax soal makanan & kesehatan ini juga paling sering di broadcast ke aplikasi chat kayak WA, akhirnya share sana share sini tanpa kroscek & kecukupan ilmu, yaudah jadilah kalian umat penyebar Hoax. Memalukan.

Dan kembali ngomongin soal Hoax tentang makanan & kesehatan, selain yg warung bakso di Bekasi itu gue udah ngumpulin Hoax-Hoax menjijikkan lainnya yg pernah viral banget di beberapa tahun belakangan ini. Ini Daftar Hoax Menyesatkan Tentang Makanan Dan Kesehatan.

1. Mie Instan Dicelup Betadine Jadi Biru = RACUN
Hoax pertama, disini si 'aktor utama' dengan kerennya ngasih liat percobaan yg dia buat. Dalam percobaan ini, dia masukin mie instan ke cairan Betadine (Povidone Iodine) yg buat sembuhin luka itutuh. Lama kelamaan, mie itu berubah warna jadi biru pekat, ungu tua, sampe akhirnya menghitam. Trus, dengan seenaknya si aktor ini klaim bahwa mie yg berubah warna itu berarti ada racunnya. Seriously, it gave me cancer laugh.

Nah bukan cuma itu, dari Hoax ini ada lagi yg koplak banget nyari keuntungan, yaitu 'obat pelangsing'. Si aktor nyobain percobaan kayak di atas, mie jadi biru, trus dimasukin ke produk cairan obat pelangsing si aktor. Mie berubah jadi putih, dan di klaim bahwa racun di situ udah diikat ama obat pelangsing itu, dan ujung-ujungnya ngiklan. Selain 2 hal itu, ada lagi yg ngelakuin percobaan ke beras, berasnya jadi warna biru juga setelah dicelup ke cairan Betadine & di klaim beras itu berarti mengandung racun.

Dalam dunia Kimia, percobaan pake Betadine (Iodine) kayak gini namanya Uji Amilum (CMIIW). Uji ini tujuannya untuk identifikasi kandungan karbohidrat, pati, polisakarida, tepung, atau amilum. Intinya bahan makanan apapun yg mengandung Karbohidrat (beras, singkong, mie, kentang, dll) yg terkena Iodiom atau Betadine itu, pasti bakal berubah jadi warna biru karena itu memang sudah reaksi Kimia-nya dalam Uji Amilum, bukan menandakan itu beracun. Itu memang benar beracun, tapi beracun ya setelah di celupin ke Betadine. Dan saran buat yg bikin percobaan kayak gini, masak mie di rebus pake air ya jangan dimasukin ke Betadine. Ada-ada aja kamutu.

2. Kol Plastik Dari China
Kira-kira begini broadcast yg menyebar di WA emak-emak, "Teman-teman, ini nyata betul-betul Cina menyiptakan sayuran kol sintetis dengan campuran plastik lunak tiruan agar-agar …diproduksi & dijual ke seluruh Asia. Export besar besaran kol plastik syntetis yang tidak bisa kadaluwarsa atau membusuk. Hati hati, terutama para ibu ibu kalau belanja. Harus tahu mana yang asli mana yang kol palsu dan cara tesnya, persis dan mirip yang asli. Hampir tidak bisa dibedakan", dibarengi ama video ini: awas lobak / kol terbuat dari plastik.

Video berdurasi 1,23 menit itu potongan dari video yang lebih panjang durasinya, sekitar 7,30 menit dengan judul "Making Japanese Food Sample". Di situ malah dijelaskan step by step ngebuat semua sayuran dari plastik. Jadi, apa semua sayuran itu beneran dari plastik? Iya emang bener, TAPI GAK BUAT DI KONSUMSI. Itu makanan tiruan/replika yg biasa ditaroh di depan-depan restoran Jepang, biasa lengkap ama label harganya juga.

Teknik bikin food sample ini namanya Sampuru, tujuannya supaya orang-orang yg gak bisa bahasa Jepang, ngerti apa arti dari nama makanan itu. Awalnya Sampuru ini terbuat dari lilin parafin, tapi karna bahan ini mudah meleleh kalo kena sinar matahari, diganti deh ama silikon trus juga plastik. Tempat pembuatan Sampuru ini paling banyak ada di Kota Gujo di Prefektur Gifu, 70% pabrik besar Sampuru ada di sana.

3. Biskuit Dibakar Nyala = Mengandung Lilin
Ini miris banget nih, karena Hoax ini yg 'mempelopori' buibu (oknum) polwan :( Entah apa yg ada di benak mereka sampe bikin video ginian, trus merasa apa yg mereka klaim itu udah amat sangat benar dan semesta harus tau.. Dan parahnya setelah video percobaan mereka ini viral, orang-orang lain juga langsung pada ikut nyoba & video-in juga. Yang jadi korban utama sih disini Nissin Crispy Crackers, padahal itu enak tauk temen nyemil sore bareng Milo, malah jadi korban kekejaman Hoax manusia. Setelah video menyesatkan ini viral, akhirnya PT. Nissin Biscuit Indonesia yg punya biskuit crackers itu bikin surat klarifikasi & BPOM juga udah klarifikasi bahwa biskuit dibakar mengandung lilin = HOAX.

Produk pangan yg mengandung lemak/minyak dengan kadar air rendah terutama yang berbentuk tipis & berpori kayak krupuk, krekers, atau makanan ringan lainnya itu emang mudah terbakar/menyala kalo dikasih api, tapi terbakar itu gak ada sama sekali membuktikan bahwa itu mengandung plastik/lilin. Kalo mau pembuktian bahwa makanan itu mengandung plastik/lilin, di uji lebih lanjut lagi di laboratorium, bukan malah di bakar-bakar.

Dari pihak PT Nissin Biscuit Indonesia juga buka suara perihal Hoax ini, mereka menjelaskan bahwa makanan apapun (dalam hal ini biskuit crackers mereka) yg mengandung tepung terigu, gula dan minyak nabati dalam komposisinya & kandungan air yang rendah, makanan itu pasti mudah terbakar.

4. Nasi RM Padang Bisa Memantul = Pakai Beras Plastik
Kalo Hoax yg ini disebarkan ama orang" berpakaian rapi, formal, kerja enak di kantoran pake AC, tapi sayang otaknya agak gesrek, pengen panjat sosial dengan cara uneducated. Lagi-lagi gak punya kecukupan ilmu yg memadai untuk ngurusin hal beginian, tapi berani asal klaim sampe nyaris mematikan rezeki orang. Korban disini Rumah Makan Padang Mini Jaya, di daerah Kebon Sirih. Alkisah, habis mereka beli, itu nasi gak dimakan tapi kepikiran aja gitu dibikin bola-bola trus dipantul-pantulin ke meja kayak bola bekel, dan mereka menyatakan bahwa itu beras plastik karena kalo beras yg normal gak akan bisa memantul kayak gitu. Di video yg beredar perihal ini aktor utama kalo gak salah 2 cewe ya, mereka berani klaim kayak gitu tapi gak berani kasih liat muka mereka di video itu. Kalo cewe gue yg gini sih bakal gue pantul-pantulin tuh mukanya di aspal, kalo mantul berarti mukanya muka plastik.

Dari berbagai penjelasan yg logis & masuk akal, RM Padang itu masaknya pake cara 'pera' yg airnya cuma dikit supaya lebih enak kalo disiram kuah gulai. Beda kayak di warteg itu cara masaknya yg 'pulen', jadi intinya beda cara masak di Sumatera & Jawa. Tekstur nasi itu juga dipengaruhi ama komponen penyusun pati, yaitu amilosa & amilopektin. Kadar amilopektin yg tinggi ini yg biasanya pengaruhi tekstur lengket / pulennya nasi, sampe akhirnya nasi itu bisa dikepal trus jadi kayak bola. Dalam kasus ini juga dari pihak BPOM & kepolisian udah jelaskan ini cuma Hoax, dan sample nasi dari RM Padang Mini Jaya udah diteliti lebih lanjut, gak ada unsur plastik sama sekali.

5. Pembuatan Beras Plastik Di China
Ini masih ada hubungannya ama yg nomer 4 di atas. Kalo nomer 4 itu viral lewat Facebook & IG, kalo yg ini viral lewat broadcast WA & lama kelamaan nyebar juga di socmed lainnya. Video yg beredar dari Youtube ini nunjukkin (yg katanya) pembuatan beras plastik di China, bahkan sampe di pabrik gitu. Video yg viral ini kayaknya udah dihapus ama pihak Youtube ya, yg masih ada sih ini: Pembuatan Beras Plastik. Penyebaran video 'pembuatan beras plastik' ini sempat bikin geger di Indo sini dan semua jadi pada parno terutama emak-emak. Bahkan di Bekasi tuh ada juga laporan penemuan beras plastik yg ternyata nggak, entah parno nya udah akut banget atau gimana sampe-sampe tersugesti juga.

Di video itu sebenernya proses pembuatan BIJI PLASTIK, atau istilah kerennya itu Extrusion dan nama mesinnya itu Extruder. Plastik-plastik yg dimasukan ke dalam mesin itu semua dicairkan, abis tuh adonan plastiknya diaduk. Trus plastik itu nanti jadi panjang-panjang kayak mie, dibiarkan dingin. Abis dingin trus dipotong kecil-kecil, nah potongan kecil inilah yg diklaim si penghuni bumi datar beras plastik.

Plastik itu sifatnya Hidrokarbon, gak akan bisa nyatu dengan air. Plastik juga gak bisa meleleh, kecuali kalo dipanaskan pake api kayak pembuatan biji plastik. Jadi kalo dimasak di rice cooker, berasnya jadi lembek banget kayak bubur warna putih, ya itu berarti nasi, suhu rice cooker gak mungkin bisa bikin plastik jadi bubur gitu. Ada juga nih yg bilang beras plastik itu campuran antara umbi-umbian sama plastik, ini lebih aneh lagi. Titik didih plastik itu 100-260 derajat celcius, umbi-umbian di suhu segitu ya pasti gosong & otomatis gak akan bisa menyatu ama plastik apalagi sampe bisa jadi nasi.

Kalo masih gak ngerti pake logika aja nih, beras itu harganya 9.000-15.000 rupiah/kg. Biji plastik itu aja harga termurah 15.000-24.000/kg, ada gitu beli biji plastik dijual harga beras?

6. Permen Jari Mengandung Narkoba
Untuk kasus ini yg jadi korban PT Rizky Abadi Jaya Anugerah selaku importir permen jari. Dan Hoax ini menyebar dari 2 broadcast WA & FB:

"Info dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang
Permen jari ditemukan di sekolah daerah Ciledug. 
Anak yang mengkonsumsi permen ini tertidur selama 2 hari
Seperti orang kecanduan, minta-minta permen jari
Sekarang dalam penyelidikan
Mohon hati-hati buat kita semua
Mohon bu guru dan para orang tua minta tolong agar anak-anak dilarang jajan sembarangan di abang-abang yang jualanannya aneh-aneh.
(Sumber info: Kapuskesmas Karawaci Baru)."

"Info dari Dinas Kesehatan Kab. Ponorogo
*Permen Jari* ditemukan di sekolah di kecamatan Kauman Sumoroto ...
anak yang mengkonsumsi permen ini tertidur selama 2 hari... seperti orang kecanduan... setiap terbangun minta2 permen jari... 
sekarang dalam penyelidikan... mohon hati2 buat kita semua... mohon bu guru dan para orang tua... minta tolong agar anak2 dilarang jajan sembarangan di abang2 yg jualannya aneh2...
(Sumber info : Kapuskesmas Kauman Sumoroto)"

Entah ini persaingan bisnis apa gimana, geli aja gitu dengernya ya anak sampe tidur 2 hari & tiap bangun minta-minta permen jari wakakakakawkarinawkarinawkarin.. Waktu berita Hoax ini menyebar BPOM & BNN langsung cepat tanggap, mereka lakuin penelusuran di tiap daerah trus lakukan uji sampel di lab. Dan 12 Oktober 2016, BPOM umumkan hasil sampel dari berbagai wilayah seperti Jakarta, Serang, Pontianak, Bandung, Padang, ama Banjarmasin menunjukkan hasil NEGATIF yg artinya permen jari itu gak ada mengandung narkoba. Ini beritanya: BNN Pastikan "Permen Jari" Tidak Mengandung Narkoba. Btw Maret 2017 juga sempet heboh ama permen dot yg katanya ada narkoba & formalin di Surabaya, tapi ternyata itu juga Hoax. Kasian permen-permen ini, belum dikenal luas ama masyarakat eh udah dihujani isu Hoax haha..

7. Mie Instan Berbahaya Dikonsumsi
Nah ini harus diakui emang berbahaya KALAU DIKONSUMSI BERLEBIHAN. Hoax ini (kayak pict di atas) menyebar sekitar tahun 2015-an. Di dongeng ini juga dibumbui ama caption penuh drama & terkesan menakut-nakuti dengan dibilang mengandung zat berbahaya Monosodium Glutamat, Methyl P-Hydroxybenzoate, dan Asam Benzoat. Itu semua memang benar, dan berbahaya kalau di konsumsi berlebihan.

1. Mie instan tidak mengandung nutrisi? - Dalam 1 mie instan gak cuma ada 2700 mg sodium doang tapi ada juga Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, dan Mineral.

2. Mengandung bahan pengawet beracun TBHQ? - TBHQ ada supaya minyak jadi gak bau, dan TBHQ bukanlah senyawa yg sebabkan kanker. Semua minyak goreng ada TBHQ, kalo gak mau ada TBHQ bikin minyak sendiri aja.

3. MSG di mie instan memicu kerusakan sel saraf bahkan kematian? - BPOM jelaskan bahwa MSG itu penguat rasa dengan nilai ADI (Acceptable Daily Intake) yg not specified yg artinya konsumsi dalam jumlah sewajarnya aja & kalo bisa jangan tiap hari. Kalo sekali makan 10 bungkus & tiap hari, ya siap-siap aja gali lubang kuburan.

4. Wanita makan mie instan 2x seminggu, 68% rentan terhadap penyakit metabolisme tubuh? - Kembali lagi ke point 3, jangan konsumsi terlalu sering, kalaupun terpaksa konsumsi setiap hari kayak anak kost di tanggal tua, sekali makan sebungkus aja.

Trus untuk methyl p-hydroxybenzoate atau metil parahidroksibenzoat atau metil paraben itu pengawet di kecap yg biasa ada juga dalem mie instan, dan itu diizinkan kalau dalam jumlah yg aman. FYI mie instan di Indo ini semua udah lulus uji BPOM, gak ada yg berbahaya, yg berbahaya kalo dikonsumsi berlebihan. Jangankan mie instan, apapun yg berlebihan itu gak baik kecuali isi dompet. Dan sampai sekarang juga gak ada penelitian atau bukti ilmiah yg membuktikan bahwa MSG atau metil peraben itu bisa rusak usus, liver, bikin maag, atau memicu kanker. Tapi sekali lagi diingatkan, jangan konsumsi mie instan berlebihan.

8. Kantong Teh Celup Beracun
Hoax ini juga pernah viral, yg mengklaim kalau kantung teh celup (plastik/kerast) yg sering kita konsumsi itu sebenernya beracun karena banyak dilapisi dengan senyawa Karsinogenik yg bereaksi saat kena panas. Racun ini juga bakal menyebar lebih cepat terutama kalau kantung teh itu diseduh terlalu lama, atau ada bocor.

1. Kantong teh dari kertas biasanya dilapisin ama Polietilen yg berfungsi untuk perekatan panas. Polietilen ini gak akan meleleh di suhu titik didih air, makanya kantung teh itu gak akan terbuka walau biasa di seduh di air yg panas. Selain itu juga industri kertas untuk makanan udah gak pake senyawa klorin untuk pemutih dan syarat ini disertakan waktu permohonan penilaian keamanan produk ke BPOM.

2. Kantong teh dari plastik yaitu Polietilen Terefltalat (PET) atau Asam Polilaktat (PLA). Teh celup dari plastik juga udah terdaftar di BPOM & udah lewati penilaian ketat termasuk penilaian keamanan kemasan.

9. Garam Dicampur Dengan Kaca
Ini Hoax absurd selanjutnya. Agak heran sih sebenernya, kalo emang bener apa ya tujuannya produsen garam itu campurin kaca? Jelas-jelas kan di bungkusnya itu ada nama produk, trus tempat pembuatan juga ada. Ini Hoax yg sempet rame juga nih terutama di daerah Jawa Timur dengan merk 'dua anak', 'karapan sapi', 'ibu bijak', 'anak pintar', cap gajah dan cap es. Cukup bikin was-was emak-emak juga sama kayak waktu Hoax beras plastik menyebar.

BPOM gak tinggal diam, semua sample garam yg jadi korban ini diuji di lab untuk diketahui lebih lanjut kandungannya. Dan hasilnya, semua sample garam itu larut dengan sempurna di dalam air yg artinya gak ada partikel kaca. Nah, kalau misal di garam itu ada partikel kayak kaca gitu, itu mungkin Kristal NaCl berbentuk kubus yang saat dihaluskan Kristal itu pecah trus bentuknya jadi kayak pecahan kaca. Itu Kristal NaCl hasil dari proses pembuatan kristalisasi garam dapur/garam beryodium. Tapi itu pasti larut di air, kalau kaca udah pasti gak akan larut.

10. Makanan Kaleng Thailand Ada Virus HIV
"InnaLillahi wa Inna Illaihi roji'un

Assalammu'alaikum Wr Wb

Breaking News : Meneruskan info dr Ibu Dubes KBRI KL 

Tolong beritahu anak2 , suami, isteri dan semua teman2 Perhatian ; Mulai saat ini jangan makan makanan kaleng ,terutama buah2an , khususnya produksi Thailand. Karena di negara itu ada kira2 200 orang pengidap aids kerja di pabrik kalengan, dan mereka masukkan darah mereka ke dalam kalengan2 itu , dan saat ini masalah tersebut telah diketahui DepKes Thailand sehingga kaleng2an tersebut telah banyak di sita ttpi lebih banyak yg sdh terlajur diekspor. Contoh ; Lecy , Rambutan , Lengkeng , Mangga Puding dll. Setelah terima ini cepat kirim ke saudar2 n teman2 semua. Agar tidak konsumsi kalengan apapun...... Demi keselamatan kita semua. Info dr ibu dubes KBRI 

(Rita Toisuta Arifson Kementrian Kesehatan RI)

Simak Beritanya :http://health.liputan6.hb/read/678535 {semoga bermanfaat}. Mohon bantu share ya."

"Beli makanan kalengan jangan beli dari negara tetangga (Thailand). 

(diumumkan pada hari ini tanggal 26 Agustus 2013 pukul 10.01)

** Rab, 28 Agu 11:28 **

Pemberitahuan genting dan penting: teman-teman dan keluarga tercinta, hati-hati konsumsi buah kaleng, khususnya buah kaleng produksi Thailand, karena 200 lebih penderita AIDS di Thailand dibawah pemimpin penderita AIDS menyerbu masuk ke pabrik-pabrik buah kaleng dan meneteskan darah bervirus. Mereka ke tempat pengolahan buah kaleng dalam pabrik-pabrik tersebut, hal ini sudah diakui kebenarannya oleh dinas kesehatan setempat. Dan untuk menghindari bertambah korban; produk buah2 seperti rambutan, puding mangga, lengkeng, ling Zi, ma yu dan lain-lain sudah diturunkan dari rak supermarket. Setelah terima info ini mohon di BC ke kontak2 anda! Mencegah selamanya lebih efektif daripada mengobati."

Ngakak bacanya, kayak lagi ngebaca sebuah scene film, bisa gitu 200 penderita AIDS meneteskan darah bervirus di pabrik makanan kaleng wkwkwkawkarinawkarin. Dan FYI, ini Hoax lama sekitar tahun 2013 trus kembali naik daun di tahun 2017.

Ini cukup keren, cukup keren gak masuk akalnya. Kalau 200 penderita AIDS itu serang pabrik kemudian 'meneteskan' darah bervirus, masa pihak pabrik mau tetap ekspor produk makanan kalengnya? Hahaha.. Dan ini konfirmasi dari BPOM tanggal 12 November 2014:

"Sehubungan dengan adanya pemberitaan di berbagai media sosial mengenai produk makanan kaleng impor asal Thailand yang mengandung darah dan virus HIV, Badan POM memandang perlu memberikan penjelasan sebagai berikut:

Badan POM melakukan evaluasi terhadap keamanan, mutu, dan gizi produk pangan impor sebelum diedarkan di wilayah Indonesia (pre-market evaluation).

Badan POM secara rutin melakukan pengawasan terhadap produk pangan yang beredar di wilayah Indonesia (post-market control).

Badan POM tidak pernah menemukan hal-hal seperti yang diberitakan tersebut, termasuk kandungan darah dan virus HIV dalam makanan kaleng, apalagi virus HIV tidak mampu bertahan hidup di luar host (tubuh manusia). Jadi pemberitaan tersebut adalah HOAX yang menyesatkan.

Masyarakat diimbau agar teliti membaca label. Jadilah konsumen cerdas yang tidak mudah terpengaruh isu yang beredar di media sosial. Jika ragu-ragu atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, hubungi Contact Center HALO BPOM 500533 atau sms ke 081.21.9999.533 atau email: halobpom@pom.go.id."

Oh iya btw ada juga Hoax serupa kayak ini tapi di dalam pembalut. Dan itu juga gak bener, karena faktanya virus HIV itu butuh inang dan gak akan bisa hidup lama di luar tubuh/inang. Dan pembalut itu 100% gak akan bisa jadi inang virus HIV. Entah apa yg terbesit di otak manusia-manusia bikin Hoax ginian, nanti kalo salah satu keluarganya kena penyakitnya baru deh sadar. Ingat, karma tumbuh di Arab *apasih

11. Vaksin Mengandung Babi dan
Beberapa Hoax Vaksin Lainnya
Vaksin itu gak mengandung babi, tapi dalam PEMBUATAN vaksin terutama vaksin polio itu emang ada enzim tripsin babi yg dipake (tapi gak semua vaksin pake ini dalam PEMBUATANNYA). Enzim ini juga harus dihilangkan & dibersihkan saat Vaksin udah mau jadi. Enzim Tripsin babi dipake sebagai katalisator untuk pecahin protein jadi peptida & asam amino yg jadi bahan makanan kuman. Kuman itu dibiakkan & difermentasi, diambil deh polisakarida kuman itu untuk antigen bahan pembentuk vaksin.

Next, dilakukan proses purifikasi & ultrafiltasi yg pengencerannya sampai 1/67,5 miliar kali sampe akhirnya terbentuk vaksin yg utuh. Jadi, dalam proses akhir itu gak ada sama sekali mengandung babi, bahkan antigen vaksin itu sama sekali gak ada kontak langsung ama enzim tripsin babi itu. Soal halal haram, ini terkait ama Istihalal & Istihlak.

Istihalal itu perubahan wujud benda ke bentuk lain dari yg sebelumnya haram jadi halal, dan sebaliknya. Contoh: Anggur itu awalnya halal, kalo diolah jadi alkohol ya haram. Dalam kasus vaksin, benda haram dicuci bersih jutaan kali sampe akhirnya terbebas dari zat haram.

Sedangkan Istihlak, bercampurnya benda najis / haram di benda suci sehingga mengalahkan sifat najis baik rasa, warna, dan baunya. Contoh: Satu tetes alkohol dimasukkan ke kolam renang, air kolam renang itu gak akan berubah jadi haram karena rasa & bau gak berubah. Kalaupun ada indikasi haram tetap boleh dengan alasan darurat demi mencegah sakit, cacat, dan kematian karena penyakit.

Dan kalo ditanya vaksin itu aman gak sih untuk manusia? Amat sangat aman, profesor & ilmuwan zaman dulu puluhan tahun dedikasikan hidup dalam penelitian untuk kehidupan manusia di masa depan lebih baik. Semua vaksin yang memiliki izin telah diuji berkali-kali sebelum diperbolehkan untuk digunakan pada manusia.

Vaksin itu pakai respon alami manusia terhadap penyakit untuk memicu sistem pertahanan tubuh manusia. Penyakit kayak tetanus atau meningitis itu bisa membunuh manusia, sedangkan vaksin bisa ditoleransi dengan baik oleh tubuh & efek samping yang ringan.

Penyakit yg bisa dicegah vaksin itu penyakit-penyakit besar, jangan dianggap remeh. Dulunya sebelum ada vaksin mematikan, setelah ada vaksin penyakit-penyakit itu udah jarang ditemukan. Contohnya aja nih dulunya penderita polio itu harus bernafas pake nafas buatan, anak-anak penderita difteri menderita karena saluran pernafasannya terhambat, ada juga yg alami kerusakan otak karena campak. Oleh vaksin, penyakit-penyakit mematikan ini tingkat mematikannya di minimalisir.

Jadi buat ayah & bunda be smart ya! Jangan ikuti kata orang yg bilang "ah dulu gak di vaksin juga ampe sekarang masih hidup", hell no! Dan kalau ada yg bilang vaksin mengandung babi, jelaskan aja tuh kayak yg tertulis di atas, apa peran enzim babi di vaksin. Arab aja mewajibkan vaksin lho, dan negara-negara Islam lainnya juga :( Arab Saudi sediakan vaksin gratis, bagaimana imunisasi di negara Islam lainnya?

Jadi jangan bermain-main dengan nyawa, karena nyawa manusia gak ada dijual. Kalo si buah hati udah kena sakit jangan selalu kambing hitamkan takdir, karena sebenarnya Tuhan tidak mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum tersebut yg mengubahnya toh.

12. Telur Palsu Dari China
Berita ini awalnya rame karna ada salah seorang warga yg namanya Noermansyah, dia bikin laporan soal telur yg dia beli diduga sintetis berbahan plastik dan karet. Alasannya, dia punya burung kenari yg biasanya doyan telur rebus yg dia kasih, terutama bagian kuningnya. Ampe suatu hari, dia beli telur di Pasar Padang Bulan Medan dan burung kenari peliharaannya gak mau makan telur rebus yg dia kasih, pas di cek ternyata kuning telur itu kayak karet & gak berbau amis. Hal ini bikin heboh se-Indonesia, dan lagi-lagi China kena getahnya (entah orang-orang ini punya sentimen apa sama orang China).

Mereka makin giat sebarkan Hoax, dikasih bumbu, di aduk, di lebih-lebihkan, dibuat lebih dramatis lagi & comot video tentang pembuatan telor plastik padahal gak ada hubungannya sama sekali, salah satu contoh video ini -> Amazing Egg Breaker by Ovo-Tech (padahal ini alat pemisah kuning & putih telur) dan ini -> SAMPEL TELUR PALSU - TELUR PLASTIK (dari awal ampe menit 1:36, itu sama kayak nomer 2, proses pembuatan Sampuru).

Hoax tentang ini sebenernya udah pernah booming di tahun 2007. Bahkan sering digabungkan video ala-ala 'investigasi' yg padahal itu proses pembuatan Sampuru tapi diklaim proses pembuatan telur plastik dari China & dikirim ke Indonesia. Nyatanya, netizen dari China aja bilang bahwa harga telur asli itu lebih murah dibandingkan ama harga material untuk produksi telur palsu.

Kasus kayak Noermansyah itu, bisa jadi karena telor yg udah mau busuk atau gagal tetas. Setelah kasus Noermansyah & laporan-laporan lainnya kepolisian & BPOM turun tangan, setelah hasil cek lab ternyata semua emang cuma telur busuk aja, yg bilang telur palsu dari China itu cuma khayalan mereka aja. Tahun lalu juga Kepala BPOM Medan, Yulius Sacramento Tarigan udah menyatakan gak ada ditemukan unsur plastik atau apalah itu, cuma telur busuk & gagal tetas aja.

Jadi intinya gitu deh, semua cuma permainan gabungan video aja. Dari mesin pemisah kuning & putih telur, ampe pembuatan Sampuru, sama mainan-mainan juga tuh (searching aja yg namanya 'Slime Telur'). Penyebar Hoax emang suka mainin mindset orang awam yg gak tau apa-apa (biasa bawa-bawa agama biar lebih menggigit), mereka kerjanya cuma nyari sensasi demi viewer buat ngeraup untung ber dolar-dolar dari iklan Youtube.

13. Udang + Vitamin C = Mokat
Sama kayak katanya makan mie instan bareng coklat bikin keracunan, ini juga katanya makan udang bareng Vitamin C bisa bikin meninggal. Padahal, walau ada indikasi kontaminasi logam berat & zat kimia di produk perikanan (dalam kasus ini udang), gak akan langsung sebabkan keracunan. Sedangkan proses kimiawi udang + vitamin c itu gak ada dasar yg jelas, jangankan meninggal loh keracunan aja gak akan. Btw konsumsi vitamin c dianjurkan tiap harinya 100 mg/hari, kalo berlebihan malah jadi batu ginjal.

14. Bantu Pasien Stroke Dengan Tusuk Jari Pakai Jarum
Ini sih sebenernya bukan Hoax sih, cuma salah penyampaian aja. Di broadcast soal ini katanya tusukkan jarum ke jari pasien stroke yg udah collapse / pingsan sampe keluar setetes dua tetes darah, itu bisa ngebantu. Tusukkan jarum ini juga bisa di bawah daun telinga, dan praktik ini katanya bisa lancarkan & bantu oksigen masuk ke tubuh pasien. Kalo ini sih gak bisa disalahkan sepenuhnya, tapi faktanya tusukan jarum untuk yg stroke ini supaya si penderita tetap dalam keadaan sadar aja (mungkin ada reaksi refleks waktu ditusuk), bukan untuk pertolongan pertama pada pasien stroke. Btw ini salah satu pengetahuan penting, saat dihadapkan ama orang stroke yg udah collapse. Jangan panik, cukup ambil jarum YANG STERIL trus tusuk pelan-pelan ke 10 jari tangan si penderita stroke ampe ngalir darah. Kalau mulut udah kayak menyamping / arah gak simetris, pijit telinganya ampe merah trus tusuk juga pelan-pelan bagian bawah daun telinga ampe ngeluarin darah. Habis ngelakuin ini semua, secepatnya diserahkan ke medis untuk ditangani ama orang-orang medis yg udah ahli.

15. Kloset Duduk Tularkan Virus HIV
Berita Hoax kayak gini yg jadi salah satu penyebab orang-orang di kloset duduk malah nekat jongkok, padahal itu bahaya bisa aja kepleset atau si kloset itu retak & bisa pecah karna dipakein buat jongkok. Faktanya virus HIV itu gak bisa ditularkan lewat kontak biasa kayak pake toilet duduk yg sama, salaman, atau pegang gagang pintu yg sebelumnya dipegang ama penderita HIV-AIDS. Selain dari kloset duduk ini banyak juga broadcast Hoax tentang penyebaran virus HIV yg bikin parno orang awam, contohnya aja: jeruk disuntik virus HIV, minuman kemasan ada virus HIV, makanan kaleng ada HIV, jarum suntik di bioskop, tusuk gigi di restoran. ampe ke pembalut juga di Hoax-in ada virus HIV. Perlu ditekankan sekali lagi bahwa virus HIV tuh gak bisa ditularkan sesederhana itu.

16. Pete Ampuh Mematikan Sel Kanker,
Lebih hebat Dari Kemoterapi
Ini sih gak ada salahnya, pete juga enak kok, gak ada ruginya walau klaim itu bener apa enggak. Yang bikin gak setuju sih, dari broadcast ini juga bilang bahwa dokter" dunia itu tau bahwa pete ini obat alami untuk serang sel kanker, tapi mereka menutup-nutupi supaya penderita kanker selalu berobat ke rumah sakit. So funny. Pendapat dari ahlinya nih, Prof. dr. Karmel L Tambunan, SpPD-KHOM gak nyangkal tapi gak juga benarkan. Prinsipnya, sesuatu yg bisa menyembuhkan itu pastinya udah terbukti secara ilmiah. "Mestinya kalau memang secara akademik itu terbukti menyembuhkan suatu penyakit, ya dilaporkan ke pertemuan internasional atau di jurnal ilmiah," kata dr Karmel.

17. Lintah Masuk Ke Perut Lewat Kangkung
Di broadcast Hoax ini himbau cuci kangkung yg bersih karena ada lintah yg bisa masuk ke perut waktu dimakan, trus tinggal dalam usus dalam waktu lama. Ini sebenernya himbauan yg bener ya, cuci dengan bersih gitu, tapi informasinya aja yg salah. "Kalau lintah sepertinya nggak bisa ya. Kena asam lambung pasti mati. Parasit di tubuh manusia memang ada. Umumnya telur cacing yang masuk ke tubuh, bermanifestasi di usus halus," tanggapan Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

18. Progesterex, Obat Steril Hewan Yang
Bikin Wanita Gak Bisa Hamil Selamanya
Sempet beredar broadcast ada obat namanya Progesterex, itu obat hewan yg kalo dikonsumsi manusia jadi sterilisasi selamanya alias gak bisa hamil sama sekali. Tapi ini Hoax aja, karena Progesterex itu obat fiktif alias cuma khayalan si pembuat Hoax doang. Walau gimanapun gak ada salahnya waspada, jangan terima makanan / minuman dari orang yg gak dikenal / baru dikenal.

19. Obat Flu Sebabkan Pendarahan Otak
Ini udah cukup lama tapi ya sama aja kayak Hoax-Hoax di atas kadang muncul lagi, tenggelam lagi, muncul lagi, dst. Untuk yg ini, dikatakan bahwa beberapa obat flu terkenal di Indonesia ini bisa sebabkan pendarahan otak karena mengandung PPA (phenylpropanolamine). Tapi di tahun 2009, BPOM keluarkan penjelasan perihal ini. Itu semua cuma Hoax, BPOM menjelaskan PPA 15 mg diperbolehkan di Indonesia karena aman dikonsumsi. PPA di Indonesia itu juga disetujui sebagai obat penghilang gejala hidung tersumbat.

20. Minuman Kemasan Berbahaya
Sama kayak nomer 19, entah ini semacam persaingan bisnis atau gimana. Pernah ngeliat kan biasa ada daftar gitu nama-nama minuman yg diklaim bahaya karena mengandung ini itu (kebanyakan biasa minuman energi sama yg biasa di jajanan anak-anak yg sachet). Dan bahayanya, di broadcast kayak gini juga pake cantumin atas nama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pula. Di broadcast itu juga disebutkan bahwa aspartame di minuman kemasan bisa menyebabkan pengerasan otak dan sumsum tulang belakang. Gak tinggal diam, IDI akhirnya buka suara dan membantah pernyataan itu, mereka gak pernah keluarin klaim semacam itu. Menurut Neurolog Prof dr Teguh Ranakusuma SpS(k) juga gak ada itu yg namanya 'pengerasan otak'. Tapi tetep ya gaes, konsumsi sesuatu berlebihan itu emang gak baik.


21. Tuberkulosis (TB) & HIV Menyebar Lewat Terompet
HIV yg merupakan virus penyebab AIDS emang terjadi lewat kontak cairan tubuh, tapi bukan mulut. Kalo bakteri TB itu nular bukan dari liur, tapi dari droplet/bercak dahak yg masuk ke saluran pernapasan. Broadcast kayak gini nih yg matiin rejeki pembuat terompet tahun baru :( Tapi btw bener gak sih terompet yg biasa dijual tuh dicobain dulu ama abang penjualnya, abis tuh dijual tanpa pipa peniupnya itu diganti?? Hahahaha..


22. Makan Mie Instan Barengan Dengan Coklat = Keracunan
Broadcast dari Hoax ini nyebutkan bahwa makan mie instan bareng coklat, itu bisa picu keracunan karena katanya mie itu mengandung arsenic pentoxide & reaksi kimia dari coklat itu hasilkan arsenik trioxide. Efek dari keracunan ini, beberapa panca indra kita keluarkan darah. Faktanya, mi instan tuh gak ada arsenic sesuai kata sang ahli, "Berdasarkan hasil pengujian laboratorium, disimpulkan bahwa produk mi instan yang terdaftar dan beredar di Indonesia memenuhi standar dan persyaratan yang berlaku, serta dinyatakan aman untuk dikonsumsi," ucap Dra Kustantinah, Apt, M.App.Sc mantan Kepala BPOM RI. Lagian juga emang ada gitu makan mie pake coklat?

23. Minum Air Dingin Habis Makan = Kanker
Alasan utama dari Hoax ini sih katanya air dingin bisa padatkan minyak di makanan, jadi lama kelamaan akan ngelapisin usus & sebabkan kanker. Intinya sih gak ada bukti yg mendukung hal ini, lagian dikutip dari BBC Science and Nature nih, panas alami dalam perut itu ngebuat semua makanan / minuman yg masuk jadi punya tempratur yg sama. Walau ada yg minum es, dingin dari es itu gak akan bertahan lama di lambung. Yang bikin Hoax gini kayaknya kebanyakan ngelamun sampe akhirnya menghayal, dan bisa dibilang sih meremehkan ciptaan Tuhan (kinerja alami lambung).


24. Potongan Kanker Dekat Emas = Mendekat,
Dekat Bawang = Menjauh

Satu lagi Hoax tentang kanker, dimana Hoax ini beredar di broadcast WA dan juga Facebook bernama Irshind Huda. Dalam Hoax ini disertai video nih -> Kanker yang hidup mendekati emas dan menjauhi bawang putih / live cancer, ada kayak lembaran hitam ditaruh di atas piring yg diketahui bahwa lembaran hitam itu diklaim sebagai "potongan kanker". Dari eksperimen itu, potongan kanker itu di deketin ama bawang menjauh, giliran di deketin ama emas mendekat. Klaimnya ada di caption (kayak gambar di atas ya).

Faktanya, Pakar Kesehatan Dr. Sonar Soni Panegoro, SpB (K) dari RS Dharmais nyebut video ini adalah Hoax & gak akan mungkin. Menurut beliau, sel apapun yg keluar dari tubuh manusia harusnya mati kecuali emang sengaja dibiakkan di media tertentu. Itupun pertumbuhan dilihat setelah 2 atau 3 hari yg otomatis pergerakannya juga lambat, gak secepat kayak pergerakan "potongan kanker" yg di video itu.

Ada juga pendapat lain dari RS Hermina Grandwisata, dr Annisa SpPD yg menyatakan bahwa, "Secara medis tidak ya tidak masuk akal, tapi memang beberapa zat kimia yang masuk ke dalam tubuh kita itu bisa mengakibatkan kanker. Tapi kan emas tidak terserap ke dalam tubuh."

Selain itu, para dokter dan pakar kesehatan juga gak ngerti apa maksud dari "potongan kanker", kecuali kalo dibilang "sel kanker" itu baru bener. Dan sel kanker itu warnanya putih kelabu / merah, kalaupun hitam itu emang ada dan itu kanker kulit Melanoma. Jadi yg di video yg warna hitam itu apa? Itu diduga sih Magnetic Slime yg biasa dijual di online shop seharga 45ribu, jadi magnet mah ya gak heran kalo ada emas di deketnya jadi mendekat. Di video itu juga di sisipin dengan audio doa-doa berbahasa Arab, yg seolah-olah itu mendukung kebenaran dari video tersebut (entah apa hubungannya).

Ada obat anti kanker bernama Cisplatin, Carboplatin & Oxaliplatin yg berbahan Platinum (lebih mahal dari emas). Emas (Gold (III)/Au) juga punya ciri-ciri anti kanker walau ini masih di tingkat pengkajian. Dan banyak obat yg di dalamnya ada mengandung pati logam platinum, perak & emas yang dikenal sebagai obat Metallodrugs!


25. Telur Kenyal Kayak Jelly = Telur Palsu
Ini datangnya dari akun Facebook Luthfa Latifah, dengan pedenya laki-laki dari Kendari di video itu bilang kalau telur yg akan dia pecahkan itu telur palsu karena ada beberapa kejanggalan. Kejanggalan yg dia maksud sendiri adalah cangkang telur yg lebih keras & putih, trus kuning telur gak menyatu. Trus telur itu ditaruh di mangkuk, dicubit-cubit. Kuning telur itu gak langsung hancur walau dicubit, tekstur keseluruhan kayak agar-agar, kenyal. Di ending video dia bilang waspada, telur palsu kayaknya dah masuk Kendari. WAKAKAKAKAK.

17 Januari 2018, personil Subdit I Ditreskrimsus lakukan pemeriksaan di toko tempat telur yg dibeli laki-laki di video itu. Setelah periksa & uji lab Dirkrimsus Polda Sultra, Kombes Pol. Wira Satya Tri Putra mengatakan telur yg ada di dalam video tersebut adalah telur asli dan bukan telur palsu seperti yang dijelaskan dalam video itu. Hasil penelitian juga diperkuat ama uji lab Universitas Halu Oleo (UHO) yg menyatakan kandungan dari telur itu adalah telur asli. Ada juga penjelasan drh Rakhwana, Kepala Seksi Pelayanan Klinik Hewan Dinas Tanaman Pangan dan Peternaka Kota Kendari, waktu konfrensi pers di Mapolda Sultra, 23 Januari lalu:

"Kami menyimpulkan bahwa telur yang ada di video dan diduga palsu itu berasal dari ayam yang usianya baru 5 bulan. Makanya masih sangat alot"

Dan gue browsing-browsing juga, ada yg bilang kalo tekstur telur kayak di video itu paling disukain ama ibu-ibu yg biasa bikin bolu, soalnya bolu-nya bisa ngembang bagus. Dan itu ciri-ciri telur yg sangat fresh juga menurut Herbal Tv: Cara Membedakan Telur Segar Dan Kurang Baik. Makanya jangan keseringan makan telur kurang baik / busuk dong, sekali nemu telur yg fresh jadi kayak wong ndeso!


26. Permen Susu Narkoba
Di Banyumas & Purbalingga

Sebenernya kejadian yg disampaikan bener, tapi infonya salah dan ujung-ujungnya menyesatkan sekaligus meresahkan. Jadi anak yg berinisial MHK itu awalnya sakit batuk aja (katanya makan 8 permen), sedangkan temen-temen lainnya yg cuma makan 2 permen susu itu gak ngalamin masalah apa-apa. Kepala BNNK Banyumas turun tangan, tes urine MHK, ternyata ada kandungan benzodiazepine yg masuk ke dalam golongan narkotika.

Tapi, permen susu ini diperiksa ke lab Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Semarang dan hasilnya malah negatif. Jadi darimana si anak ini di badannya ada benzodiazepine? Ternyata urine MHK ini berasal dari obat-obatan yg dia minum waktu sakit batuk. Obat itu emang mengandung benzodiazepine, tapi dengan resep dokter. Terus yg dibilang dia 'ngefly' dan tidur terus itu karena efek obat batuk itu, bukan karena permen susunya. Dan di narasi itu yg bilang permen dibawa ke BNN & hasilnya positif narkoba itu HOAX, cuma drama si pembuat Hoax aja.

27. Penyuluhan 'Telur Palsu', Bapak
Ini Jadi Peneliti Dadakan
Di Kalangan Ibu-Ibu
Bapak yg ada di gambar di atas itu melakukan sejenis penyuluhan di lingkungan rumahnya tentang penemuan telur palsu. Dia bilang itu kuning telurnya gak ambyar, dipegang gak langsung pecah gitu. Dan dia juga bilang telurnya gak amis (bagian putihnya), padahal nih katanya namanya telur itu pasti amis apalagi kalau telur segar itu pasti amis banget (oh yaaa?). Yang lucunya bapak ini kayak menyalahkan China gitu, dia beberapa kali secara gak langsung menggiring opini semua orang kalo telur palsu itu dari China, "Ini dari Cina ini pake silikon segala macem", "pinter emang Cina ini" :( Dan yg mirisnya si bapak bilang, "ini mengandung zat kimia, sudah tersebar di WA". Itu tandanya kita berada di zaman sekolah tinggi-tinggi sampe jadi S3 & ahli gizi gak guna, broadcast WA adalah sebuah junjungan!!!

Btw di kuning telur itu ada yg namanya membran vitelline, selaput bening yg ngebungkus biar kuning telur gak pecah. Makanya kuning telur itu kokoh, gak gampang pecah. Malah kalo pecah & menyatu ama putihnya, itu telur udah gak fresh lagi (beda cerita kalo dikocok pas mau bikin telur dadar ya). Dan kalo gak bau amis, ya bapak itu nyium putih telurnya, yg bikin telur amis itu kan kuningnya. Kemudian gak mungkin ada telur dipakein silikon, itu sama aja kayak harga silikon 10 rebu dijual harga telur 1500, nombok 8500 dong.

*update: Well, bapak di video ini mengaku 'khilaf' dan akhirnya meminta maaf ~> Terbukti Hoaks Pembuat Video Telur Palsu Minta Maaf. Konon katanya doi dapat kabar telur palsu dari WA. Zaman now, lakuin kesalahan aja dulu mikirnya belakangan, toh ada jurus andalan bernama KHILAF. WKWKWKWKWKWKAWKARINAWKARINAWKARINAWKARINAWKARIN. Hati-hati ya, nyebarin telur palsu sekarang bisa kena UU ITE & di cyduk pak'pol ~> Awas! Sekarang Sebar Gosip Telur Palsu Bisa Kena UU ITE.


28. Luwak White Coffe Bisa Terbakar,
Berarti Ada Bubuk Mesiu?
Gak tau 2 bapak di video yg tersebar ini lagi ngelawak, emang gak tau, atau emang niat cari sensasi. Ini 2 video yg berbeda, sama" ada bapak pake baju biru dengan gagahnya ngasih peragaan Luwak White Coffe yg kena api langsung kebakar dan diklaim ada bubuk mesiu di dalamnya (serius, ini pengen ngakak dengernya). Bener gak sih? Nah, BPOM langsung bergerak cepat untuk menjawab. Ini penjelasan dari BPOM & akun Instagram Luwak White Coffe sendiri ya:

Sama kayak percobaan yg lalu" nih pangan bisa dibakar contohnya biskuit, lagi" BPOM harus menjelaskan bahwa produk pangan yg mengandung lemak/minyak dengan kadar air rendah terutama yg berbentuk tipis, ada pori, kayak krupuk, crackers, dan juga makanan ringan lainnya bisa terbakar/menyala kalau disulut pake api.

Dari akun Instagram Luwak White Koffie:

"PENJELASAN DARI BPOM, kenapa bisa seperti itu karena ada gula dan cremer di kopi tersebut, sedangkan gula dan cremer sifatnya adalah flamable/mudah terbakar, bukan hanya white koffie, semua kopi instan dan produk makanan yang mengandung GULA dan CREMER, lainnya pasti akan mudah terbakar, terimakasih."

Semoga kedua bapak baju biru bisa kembali ke jalan yg benar ya, jangan menyesatkan. Udah ganteng, tapi kalo sok pintar kegantengan itu gak ada apa"nya.


==========

Thank you, kalo ada Hoax lainnya yg gak ada di daftar ini bisa kirim ke email/tulis di comment ya.

Terakhir, pesan ini terutama untuk yg suka bikin parno masyarakat dengan hal-hal yg pengen keliatan pinter tapi malah menunjukkan kebodohan sendiri, lain kali pikir matang-matang sebelum ngeklaim sesuatu / lakukan eksperimen. Lakukan studi literatur, jangan malah ujung-ujungnya nyebar HOAX.

Yang suka nyebar-nyebar broadcast gak jelas yg cuma bikin parno orang lain juga kalo dapet berita apa-apa diteliti dulu itu bener apa enggak, ditanya ke ahlinya, jangan langsung share aja atau malah bikin eksperimen serupa trus di video-in supaya keliatan keren karena udah lakuin investigasi dengan ilmu alakadarnya. Tau gak? Kalo kamu mati, kamu gak tau kamu mati, yg repot orang lain. Gitu juga kalo kamu bodoh. #TurnBackHoax

*Dirangkum dari berbagai sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lima Pelajaran Ini Harusnya Ada Di Sekolah, Biar Greget

Tips Bermain Rules of Survival Dan Berbagai Ulasan Lainnya

Konspirasi Alien Di Pesawat MH370, Dan Ada Apa Di 18 April 2018?